Komparasi New Honda CB150R StreetFire VS Yamaha V-Ixion Advance

Motor Baru 2015 – Sejak awal Honda CB150R Streetfire diciptakan untuk mengganggu dominasi Yamaha V-ixion. Begitu juga dengan model barunya yang belum lama ini diluncurkan PT Astra Honda Motor. Sejumlah bekal baru diberikan di tas ransel besar, siap ”menembaki” sang rival yang tampak cukup jauh melesat di depan. Mobil Sport Terbaru.

Tapi jangan buru-buru bicara soal pasar, karena di depan mata sudah ada spesifikasi yang bisa dibandingkan. Dari data teknis inilah, konsumen akan memilih mana yang paling pas untuk ditunggangi, selain menimang-nimang dari sisi tampang.

Jika dilihat dari dimensi, keduanya kini sama ramping. Namun CB150R sedikit lebih panjang, Yamaha Byson Terbaru. Jarak jok ke tanah mirip, di angka 79 cm, tapi CB150R lebih tinggi 0,7 mm. Jarak sumbu roda V-ixion lebih panjang.

Sisi menarik lainnya adalah bobot. Mungkin karena spesifikasi mesin DOHC, bobot CB150R jauh lebih berat ketimbang V-ixion (lihat tabel). Namun keduanya sama-sama mempunyai kapasitas tangki bahan bakar 12 liter.

CB150R Facelift 2015Soal mesin, keduanya pakai teknologi berbeda. Honda percaya DOHC lebih memberikan tenaga ekstra, namun soal tarikan awal, SOHC biasanya lebih cepat. Dari data spesifikasi bisa dibandingkan, tenaga yang dihasilkan CB150R lebih besar ketimbang V-ixion. Namun torsi yang didapat sebaliknya, V-ixion lebih unggul.

Untuk tarik-tarikan di awal akselerasi, secara teori V-ixion akan lebih nikmat. Namun saat melaju kencang, CB150R bakal melesat mencapaitop speed yang lebih baik. Harga Mini Cooper Baru

Perbandingan lain yang menarik adalah ukuran ban,  Sonic 150 2015. Keduanya sama-sama punya profil ban yang besar. Saat Yamaha menyatakan bahwa V-ixion baru mengadopsi ukuran ban terlebar di kelasnya, saat ini Honda justru membalikkan keadaan.

Simak spesifikasi lengkap dari tabel berikut:
Mobil sport

  Honda All-New CB150R Streetfire Yamaha New V-ixion Advance
DIMENSI    
Panjang X Lebar X Tinggi 2.019 mm x 719 mm x 1.039 mm 1.925 mm x 720 mm x 1.030 mm
Jarak sumbu roda 1.293 mm 1.300 mm
Jarak terendah ke tanah 169 mm 165 mm
Tinggi Jok 79,7 cm 79 cm
Berat Kosong 136 kg 131 kg (berat isi)
Kapasitas tangki 12 liter 12 liter
MESIN    
Jenis 4-Tak, DOHC, Berpendingan cairan. 1 siilinder 4-Tak, SOHC, Berpendingin cairan, 1 silinder
Kapasitas Silinder 149,16 cc 149,7 cc
Diameter (bore) x langkah (stroke) 57,3 x 57,8 mm 57 x 58,7 mm
Tenaga Maksimum 16,66 tk @9.000 rpm 16,35 tk @8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm @7.000 rpm 14,5 Nm @7.500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI) Injeksi
Rasio Kompresi 11,3: 1 10,4 : 1
Tipe Pengapian Full Transisterized TCI
Transmisi dan pola perpindahan gigi 6-percepatan/ 1-N-2-3-4-5-6 5-percepatan/ 1-N-2-3-4-5
RANGKA    
Tipe Rangka Diamond (truss) teralis Diamond (deltabox)
Suspensi Depan-Belakang Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
Rem depan-belakang Cakram hidrolik Cakram hidrolik
Ban depan-belakang 100/80-17 52P (depan)

130/70-17 62P (belakang)

90/80-17 46P (depan)

120/70-17 58P (belakang)

Sumber Kompas

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s