Sirkuit Sentul Siap Direnovasi Untuk MotoGP 2017

Mobil Motor 2015 Kabar mengenai Sirkuit Internasional Sentul yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan digunakan untuk menggelar balapan MotoGP makin mendekati kenyataan. Kabar terbaru, mulai awal 2016 ini sirkuit yang memiliki panjang 4,12 km ini akan dirombak agar bisa menggelar balapan MotoGP. mobil terbaru 2015

Kabar renovasi sirkuit ini disampaikan langsung oleh General Manager Sirkuit International Sentul Lola Moenek, di sela acara Lamborghini Blancpain Super Trofeo yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2015).

“Kami minta doanya kepada masyarakat Indonesia dan pemerintah agar gelaran MotoGP bisa terealisasi di Indonesia pada 2017 mendatang. Awal 2016, sirkuit ini akan dirombak,” tutur Lola menjawab pertanyaan yang dilontarkan KompasOtomotif.

Sirkuit Sentul itu sendiri, lanjut Lola, sangat siap untuk mengadakan balapan MotoGP karena pada 1996-1997 sudah pernah menggelar acara balapan tersebut. Namun, tips merawat aki mobil, karena saat ini kondisi sirkuit berada di grade 3, jadi perlu ada perombakan agar bisa berada di grade 1 atau yang telah disesuaikan oleh pihak penyelenggara MotoGP.

“Kami sudah mengundang tiga arsitek, konsultan dunia yang memang direkomendasi untuk membuat sirkuit khusus MotoGP dan F1,” tegas Lola.
Jika Indonesia kembali mampu menggelar balapan MotoGP dan F1, maka menurut wanita berambut pendek ini, bisa sekaligus menjadi promosi Indonesia di mata dunia. Sebab, balapan sepeda motor tersebut sangat dinantikan dan digandrungi oleh seluruh lapisan di dunia.

ertiga terbaru indonesia, “Bisa sebagai ajang promosi Indonesia di mata dunia, karena balapan ini akan diliput oleh media dari 150 negara, jadi kalau untuk Sentul kami siap selalu. Pemerintah pun cukup antusias, karena bisa menyerap devisa negara melalui program dari Kementerian Pariwisata, yakni Wonderful Indonesia,” tuntas Lola.

Sirkuit Internasional Sentul sebagai satu-satunya sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia siap berbenah agar menjadi lokasi yang ideal untuk para pebalap demi menggelar eventMotoGP pada 2017 mendatang. Menurut para pebalap, satu hal yang menjadi salah satu titik berat untuk diperbaiki, yakni karakter sirkuit.

M Fadli Imammuddin, pebalap senior Indonesia, mengatakan bahwa karakter Sentul kuat sekali dengan ”stop and go”. Beberapa tikungan, menurut Fadli, harus diubah. ”Kalau gak salah, yang saya tahu, (tikungan) ’S kecil’ dihilangkan, lalu dibuat speed cornering,” ujar Fadli, Senin (7/9/2015).

Pebalap tim Astra Honda Racing Team itu berpendapat bahwa Sentul tidak punya tikungan panjang yang bisa dilibas dengan kecepatan tinggi. Hampir semua tikungan berkarakter ”rem kuat-gas pol”, suzuki satria 125cc. pebalap dipaksa mengerem sekuatnya lalu buka gas sekuatnya lagi.

”Satu lagi, Sentul harus punya run-off (sisi aspal pada tikungan sebelum menyentuh gravel). Ini penting kalau misalnya hilang kendali, pebalap bisa punya kesempatan recovery, gak langsung gravel yang udah susah mengontrol sepeda motor,” ujar Fadli.

mobil terbaru

cara merawat aki mobil

new ertiga 2015

satria 125

mobil terios

Ternyata, apa yang dikeluhkan Fadli hampir sama dengan pandangan Galang Hendra Pratama, pebalap Yamaha Factory Racing Team. Sentul lebih cocok dipakai untuk sepeda motor 250 cc dan 150 cc karena karakternya yang stop and go.

”Kalau sepeda motor besar seperti 600 cc atau 1.000 cc, stop and go di tikungan terasa (berat) sekali. Motor MotoGP kan sudah canggih dan kencang semua. Susah kalau terlalu banyak stop and go. Pengennya dibuat lebih banyak tikungan rolling speed saja,” ujar Galang.

Soal sisi keamanan dan fasilitas, Galang meyakini sudah pasti dirombak mengikuti standar internasional. ”Renovasi semua sudah pasti. Paling penting kualitas aspalnya yang harus semakin baik. Sering dibuat event internasional, minimal Asia,” kata Galang. daihatsu terios terbaru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s